Cara memiliki Villa Sewaan di Bali & Passive Income Lancar
Ada 2 cara :
- Beli tanahnya dulu trus bangun villa sendiri
- Beli villa langsung pake KPR
I’ve done both ways. Pros and cons nya kita bahas belakangan ya. Kita fokus ke cara bayarnya
Kita anggep yang mau beli karyawan yah. Gaji suami misal 15jt, istri 10jt. Jadi total 25jt. Harga villa pakai real case Villa Alamanda Ubud, 1.75 M fully furnished.
DP yang diperlukan biasanya 30%. Jadinya 525jt. Ada uangnya Mas? Btw rata2 karyawan kalo mau beli property, termasuk type mampu bayar tapi tidak bisa beli. Lho kok aneh? Iya mampu bayar cicilan bulanan tapi engga bisa beli karena ga punya DP Akhirnya engga bisa2 punya property.
Kenapa ga punya DP padahal gaji gede? Ga bisa nabung. Iya ato iya banget?
Dulu saya sampai jual mobil kesayangan buat DP villa no 1. Pake ngutang sama mertua juga. Untung mertua saya baik banget
Okay minggu depan kita buat artikel cara menabung untuk mengumpulkan DP beli property
Nah, nilai KPR nya 1,225M. Pengalaman sy sebagai tukang ngutang KPR , per 1M pinjaman itu cicilannya 8-10jt/bln di bank2 BUMN. Pake BCA lebih murah, cuma sy ga pernah di acc sm mereka . Anyway, berarti cicilan bulanan Alamanda sekitar 10 - 12jt/bln.
Bank teorinya akan mengijinkan total angsuran bulanan semua pinjaman adalah 30% dari penghasilan tetap bulanan. Beberapa bank boleh sampai 40%. Yang diminta biasanya rekening 3 bulan terakhir. Jadi rekeningnya harus dirapiin dl yah. Harusnya acc sih
Nah setelah villa nya jadi (dan engga covid ) hasil bersih sewa bulanan nya sekitar 15jt. Jadi villa nya bisa bayar cicilan KPR nya sendiri, dan ada sisa. Nah hasil sewa ini sebaiknya dimasukin rek terpisah, dirapiin. Jadi nanti pas KPR buat beli villa kedua, bank nya gampang.
Minggu depan, cara ngatur keuangan biar bs nabung ngumpulin DP! Happy weekend yah
Cheers,
Dani
